Waktu Keberkahan Setelah Shalat Subuh

Waktu setelah shalat shubuh adalah waktu yang penuh dengan kemuliaan dan keberkahan. Bahkan ada pepatah dalam bahasa Arab “Albarakatu fi bukuriha” (Berkah itu ada pada waktu pagi)
Waktu pagi menyimpan banyak keutamaan. Salah satunya adalah keutamaan zikir pagi yang dianjurkan oleh Allah SWT. Kita diperintahkan oleh Allah untuk melakukan dzikir pagi dan sore.
Allah swt berfirman, dalam surat Al Kahfi ayat 28 :
وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ
“Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya”
Dari Anas bin Malik RA dia berkata, Rasulullah SAW bersabda :
« مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ »
“Barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, kemudian dia duduk untuk berzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian dia shalat dua rakaat, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala haji dan umrah, sempurna sempurna sempurna“
Hadits ini menunjukkan besarnya keutamaan duduk menetap di tempat shalat, setelah shalat shubuh berjamaah, untuk berzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian melakukan shalat dua rakaat.
Rasulullah juga banyak menyampaikan kepada kita tentang keutamaan dzikir waktu pagi, yakni antara sholat subuh hingga terbitnya matahari, yang ditutup dengan sholat dhuha. Seseorang yang memelihara dzikir pada waktu itu akan memperoleh banyak manfaat.
Berkaitan dengan kemuliaan waktu setelah shalat shubuh ini, ‘Al-Allamah Al-Faqih al-As-Sayyid al-Habib Zain bin Ibrahim bin Sumaith berwasiat kepada kita agar menjadikan waktu setelah shalat shubuh sebagai “ladang” untuk mencari rejeki dengan banyak berdzikir kepada Allah SWT.
"Jadikanlah waktu setelah subuhmu ladang untuk mencari rizki yang cepat, janganlah engkau tidur setelah sholat subuh karena tidur Di waktu shubuh adalah pelanggaran, dan tidur di waktu setelah shalat Ashar juga adalah kebodohan. Maka pastikanlah untuk berdzikir di waktu setelah shalat shubuh, janganlah engkau tidur sebab akan menyebabkan keras hati dan sulit memperoleh rizki”
Mudah-mudahan Allah SWT memberikan kita taufik dan hidayah serta kekuatan iman untuk bisa memanfaatkan waktu shubuh dengan banyak berdzikir dan mengingat Allah, dan semoga Allah SWT memberikan kelancaran dan keberkahan dalam rejeki kita. Aamiin ya Rabbal ‘Alamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kaedah ad-dharûrah yuzalu

Lafadz ‘amm dan Khash

Ketersambungan Sanad