DOA IBU SANGAT MUJARAB




Chairul Tanjung – Pengusaha

Dalam sebuah acara bedah buku, Chairul Tanjung mengatakan bahwa sukses itu hak semua orang. Semua orang itu mempunyai hak untuk sukses dan pasti bisa sukses. Ini harus kita camkan dalam hati dan kepala kita. Tak peduli apakah dia anak presiden, jenderal, atau bukan anak siapa-siapa pun bisa sukses asal dia tahu rahasianya. Ingat, sukses itu tergantung diri sendiri. Mau tahu apa rahasianya? Diantara rahasianya adalah mau berpikir dan berperilaku seperti orang sukses. Berpikir dan berperilaku seperti orang sukses yaitu cerdas, bekerja keras serta mau bergaul dengan siapa saja alias networking. Semua orang ingin sukses, tapi hanya sedikit yang mau berpikir dan berperilaku seperti orang sukses. Itu sebabnya orang sukses jumlahnya lebih sedikit dari orang yang tidak sukses.

Mengingat masa lalunya, Chairul Tanjung pun bercerita bahwa ia dulu tinggal di rumah petak dengan WC yang terpisah dari rumah. Orang paling sukses di kampungnya saat itu adalah seorang makelar motor. Hanya sedikit dari orang-orang di kam­pungnya itu yang berusaha mengubah keadaan.
Waktu itu, Chairul Tanjung diterima di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia dan membutuhkan uang 75 ribu untuk membayar kuliah. Ibu beliau sampai menggadaikan kain batik halusnya untuk dia. Itu menjadi pemicu Chairul Tanjung untuk tidak lagi meminta uang pada orang tua.

Di kampus Ul, Chairul Tanjung mulai mengasah kemampuan bisnisnya dengan menjual fotokopian pada teman-temannya. Begitu lulus, Chairul Tanjung pun lebih memilih mengikuti has-ratnya sebagai pengusaha ketimbangjadi doktergigi.
Menurutnya, tidak dosa seseorang mengambil langkah ber-beda dengan pendidikan yang diambilnya semasa kuliah. Karena ilmu yang didapat saat kuliah, apapun itu, pasti akan terpakai juga.

Saat merintis menjadi pengusaha besar seperti saat ini, Chairul Tanjung mengatakan bahwa dirinya melakukan hal yang tidak normal, keluar dari pakem dan berpikir out of the box. Satu yang tak kalah penting yang disebut Chairul Tanjung adalah doa ibu. Doa ibu sangat mujarab. Dan itu sesungguhnya kunci kesuksesan dirinya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

kaedah ad-dharûrah yuzalu

Lafadz ‘amm dan Khash

Ketersambungan Sanad