berbaktilah kepada kedua orang tuamu

Dikisahkan, suatu hari ada seorang pemuda mendangatangi Nabi SAW. Pemuda tersebut berkata kepada Nabi SAW : “Ya Rasulullah aku akan berbaiat kepada engkau untuk berhijrah dan berjihad, aku berharap mendapat pahala dan keridhoan dari Allah SWT”
Lalu Rasul SAW bertanya kepada pemuda tersebut, Beliau bersabda, "Masih hidupkah salah seorang dari orang tuamu?" pemuda tersebut menjawab : "Ya, bahkan keduanya masih hidup."
Mendengar jawaban pemud tersebut, Rasulullah kemudian bertanya lagi "apakah Kamu ingin mendapatkan pahala dari Allah Azza wa Jalla?" "Ya” jawab pemuda tersebut.
Beliau kemudia bersabda, "Pulanglah kepada kedua orang tuamu, lalu berbuat baiklah kepada keduanya, berbaktilah kepada kedua orang tuamu"
Demikianlah, dalam hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Amr bin Ash RA tersebut, Rasulullah SAW ingin menjelaskanbahwa berbakti kepada kedua orang tua pahalanya seperti hijrah dan berjihad dijalan Allah SWT. Dengan demikian, mengurus orang tua sebagaimana disampaikan oleh baginda Nabi SAW merupakan salah satu ibadah paling tinggi derajat nya.
Berkaitan dengan ini Al-Habib Hud bin Muhammad Al-Baqir Alatas mengatakan bahwa kenapa kita harus berbakti kepada kedua orang tua? Karena menurut beliau, kedua orang tua kita telah memberikan semua yang mereka miliki; jiwa, raga, harta, bahkan nyawanya telah diberikan kepada anaknya. Jadi sudah sepantasnya jika kita sebagai anak berkewajiban untuk berbakti dan berbuat baik kepada keduanya.
Sebagaimana Allah SWT berfirman :
وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ .
"Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu" (QS. Luqman : 14)
Mudah-mudahan Allah SWT senantiasa menjaga kedua orang tua kita, mengangkat derajatnya, mengampuni dosanya, memafkan kesalahan-kesalahannya dan memberikan segala macam yang terbaik bagi keduanya.
Dan mudah-mudahan Allah SWT senantiasa meringankan langkah kita untuk terus istiqomah berbakti kepada kedua orang tua. Aamiin ya Rabbal 'Alamiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kaedah ad-dharûrah yuzalu

Lafadz ‘amm dan Khash

Ketersambungan Sanad