membaca Al-Qur’an itu lebih utama (lebih baik) dari tasbih, tahlil dan dzikir lainnya.

Al-Habib Umar bin Abdurrahman Al-Athas (Shohibur-Ratib) dalam kitab Al-Qirthas menyebutkan bahwa Al-Imam Nawawi telah berkata : “Ketahuilah bahwa “membaca Al-Qur’an itu lebih utama (lebih baik) dari tasbih, tahlil dan dzikir lainnya.
Ia berkata “telah nampak jelas dalil-dalilnya dalam Al-Qur’an “Attibyaan” yang berbunyi : “Ketahuilah bahwa pembacaan Al-Qur’an adalah dzikir yang paling utama dan aku merasa yakin seyakin-yakinnya atas hal tersebut."
Karena itu hendaknya setiap orang membiasakan membaca Al-Qur’an, dan janganlah ada waktu yang kosong baik siang maupun malam tanpa diisi dengan pembacaan Al-Qur’an. Dan hendaklah pembacaan Al-Qur’an dimulai dengan surat-surat pendek.
عَنِ ا بْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمْ : مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ (الـم) حَرْفٌ وَلَكِنْ (أَلِفٌ) حَرْفٌ وَ (لاَمٌ) حَرْفٌ وَ (مِيمٌ) حَرْفٌ
Dari ibnu Mas’ud r.a ia telah berkata : “aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda “barang siapa membaca satu huruf dari Al-Qur’an, ia akan diberi satu kebajikan, dan tiap-tiap kebajikan itu akan dilipatgandakan menjadi 10 kali. Aku tidak mengatakan (الم) itu satu huruf, tetapi aku berkata (ا) satu huruf, (ل) satu huruf dan ( م ) satu huruf.
قَالَ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمْ : أَهْلُ الْقُرْاَنِ هُمْ أَهْلُ اللهِ و خَاصَّتِهْ.
Telah bersabda Rasulullah SAW : “Orang-orang yang menekuni Al-Qur’an, mereka adalah keluarga (orang-orang yang dicintai) Allah dan menjadi istimewa dihadapan Allah.
قَالَ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمْ : مَنِ اسْتَمَعَ اِلَى اَيَةً مِنْ كِتَابِ اللهِ كُتِبَ لَهُ حَسَنَةً مُضَاعَفَةً وَمَنْ قَرَأَهاَ كَانَتْ لَهُ نُورًا يَومَ الْقِيَامَةِ
Dan Telah Bersabda Rasulullah SAW : “Siapa yang mendengarkan satu huruf dari Al-Qur’an, ia akan diberi kebajikan yang berlipat ganda. Dan siapa yang membacanya ia akan diberikan cahaya (Nur) pada hari kiamat”
Semoga kita dan keluarga kita dijadikan oleh Allah SWT sebagai orang yang Istimewa karena selalu membaca dan mengamalkan Al-Qur’an...Aamiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kaedah ad-dharûrah yuzalu

Lafadz ‘amm dan Khash

Ketersambungan Sanad