Hari Jum’at merupakan hari yang paling utama (afdhal) dari semua hari dalam sepekan


Hari Jum’at merupakan hari yang paling utama (afdhal) dari semua hari dalam sepekan. Dia adalah hari yang penuh barakah.
Terdapat beberapa hadits yang menjelaskan keutamaan dan kemuliaan hari Jum’at. Di antaranya hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah R.A bahwa Nabi SAW bersabda:
خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ، فِيْهِ خُلِقَ آدَمُ، وَفِيْهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ، وَفِيْهِ أُخْرِجَ مِنْهَا، وَلاَ تَقَوْمُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَة
"Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya adalah hari Jum’at; pada hari ini Adam diciptakan, pada hari ini (Adam Alaihissalam) dimasukkan ke dalam surga, dan pada hari ini pula ia dikeluarkan dari surga. Dan tidaklah kiamat akan terjadi kecuali pada hari Jum’at. (HR Muslim)
Nabi Muhammad SAW juga menyatakan bahwa hari Jumat merupakan Hari Raya bagi Umat Islam, sebagai sabda beliau dalam sebuah hadits :
“Wahai kaum muslimin, sesungguhnya saat ini adalah hari yang dijadikan oleh Allah sebagai hari raya untuk kalian. Karena itu, mandilah dan kalian harus menggosok gigi.”
Sudah sepantasnya jika di hari yang istimewa ini, kita sebagai umat Islam melaksanakan sesuatu perbuatan yang istimewa sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi kita Muhammad SAW.
Salah satu amalan istimewa yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari #jumatberkah adalah banyak bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW
أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً
“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)
Mudah-mudahan Allah SWT memberikan kita hidayah untuk tetap istiqomah dalam menjalankan sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW, dan semoga dihari kiamat nanti kita menjadi orang yang paling dekat dengan Nabi Muhammad SAW berkat kebiasaan kita membaca shalawat kepada beliau SAW. Aamin ya Rabbal ‘Alaamiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kaedah ad-dharûrah yuzalu

Lafadz ‘amm dan Khash

Ketersambungan Sanad